Tuesday 16 December 2014

Bagaimana Sih Packaging Yang Baik?

Hello sobat Blogger! Kita seperti biasa akan membahas topik menarik lainnya yang berhubungan dnegan bisnis. Kalau sebelum-sebelumnya banyak observasi tempat, kali ini kita kupas produknya langsung, yaitu bagian packagingnya! Packaging produk itu gak sembarangan looooh, gak hanya desain menarik, tetapi ada hal-hal yang harus kita cantumkan dalam packaging kita. Dalam postingan penulis kali ini, produk yang akan dibahas adalah sesuatu yang orang Indonesia pasti tahu, yaitu Tolak Angin dari Sidomuncul! Tanpa berlama lama lagi, yuk kita liat satu per satu :)




Variabel yang harus ada dalam kemasan produk.
centang = ada
silang= tidak ada

Lumayan banyak yah, tapi seperti itulah variabel yang memang harus ada. Packaging yang lengkap itu akan memberikan informasi yang jelas kepada konsumen, agar produknya dapat digunakan dengan benar. Berikut adalah penjelasannya:

1. Logo Merk Dagang
Untuk produk ini, sudah terdapat logonya, yaitu Sidomuncul. Harus ada dong yah, kalau gak ada kita ga bisa tahu ini produk siapa yang buat.

2. Nama Produk
Nama produk jelas tertampang pada bagian depan kemasan. Tertulis Tolak Angin dengan cukup besar. Nama produk dibuat sedemikian rupa agar dapat dikenali, dan diingat dengan mudah oleh konsumen.

3. Jenis Produk
Juga sudah ada di bagian depan kemasan, yaitu "Obat Herbal Untuk Masuk Angin+Madu"
Ini berguna bagi konsumen2 baru, agar konsumen tahu produk ini gunanya untuk apa.

4. Logo Halal
Sayangnya, tidak ditemukan logo halal pada produk ini. Sebaiknya pada produk diberi logo halal agar semua konsumen dapat menggunakannya tanpa khawatir

5.Berat Produk Netto
Terdapat pula info tentang isi bersi dari produk ini, yaitu sebesar 15mL

6. PIRT (Perizinan)
Tidak ada tulisan no kode PIRT, tetapi ada no POM

7. Penjelasan Produk
Ada komposisi, penjelasan produk, aturan pemakaian, keterangan produsen, sampai website pun ada.

Di bagian belakang kemasan, terdapat uraian keunggulan produk, yaitu " Tolak Angin hanya menggunakan ekstrak zat aktif tanaman obat dengan tidak menyertakan kandungan pati (starch) yang tidak bermanfaat. Karena itulah produk Tolak Angin tidak keruh)

Hal ini tak kalah pentingnya, agar konsumen mengetahui apa saja yang membuat produk ini berbeda dari yang lain. Dikarenakan packaging Tolak Angin sachet itu kecil, keunggulan produk ini tak begitu kelihatan, dan ditulis di bagian belakang, sehingga konsumen jarang membacanya.

8. Expire Date
Nah, ini juga penting sob, tentu konsumen harus tahu kapan produk itu expired, sehingga dapat mengonsumsinya dengan aman.
Dapat dilihat expire date nya diatas barcode


9. Barcode
Barcode ini juga penting agar memudahkan transaksi saat kita membelinya di tempat yang mendukung sistem barcode. Kalau kita hendak membayar ke kasir, sang penjaga kasir akan dengan mudah men-scan barcode, lalu kuantitas, jenis produk, dan harga akan langsung masuk otomatis di sistem komputer.

10. Komposisi
Dengan jelas terdapat komposisi dari produk ini secara detail. Hal ini menunjukan bahwa produk ini transparan akan kandungannya.

11. Alamat dan Keterangan Produsen
Ada informasi pabriknya, yaitu di Semarang. Websitenya juga disediakan pada bagian belakang kemasan, yaitu www.sidomuncul.com

Di website tersebut lengkap sekali informasinya, juga ada mengenai CSR Tolak Angin, yang membuat Sidomuncul ini memiliki tanggung jawab sosial yang baik.

Semua variabel diatas sudah terintegrasi/terpadu. Semua informasinya berhubungan dengan produk, yaitu obat herbal untuk masuk angin.

Selain itu semua, desain juga salah satu faktor yang mendukung "image" suatu produk. Desain produk ini cukup baik, sangat mudah untuk dibawa bawa karena dalam sachet yang kecil. Kemasan sachet ini juga sudah terdapat sobekan kecil agar mudah disobek, dan langsung minum dari sachet. Labellingnya cukup simpel, tetapi itulah yang membuat produk ini menarik. Dengan sedikit gambar bahan2 herbal, menunjukan memang produk ini adalah produk herbal. Plus, sudah ada labelling produk Indonesia lhoo. Bangga kita sebagai orang Indonesia, bahwa produk Indonesia itu bagus-bagus!
Ada sobekan kecil yang mempermudah konsumen untuk membuka kemasan


Nah, begitulah sharing penulis kali ini. Buat sobat Blogger yang ingin menciptakan produk2, selain kualitas produk yang baik dan aman digunakan/dikonsumsi, diperhatikan juga packagingnya yah! Konsumen pertama kali lihat suatu produk itu dari packagingnya, makanya kita harus buat sebaik mungkin!

Terima kasih yah sudah mampir lagi, semoga sharing penulis dapat membawa manfaat :) Sampai jumpa lagi di posting berikutnya!


No comments:

Post a Comment